Selasa, 06 Mei 2014

KONSERVASI ARSITEKTUR KAWASAN CAGAR BUDAYA SETU BABAKAN (bagian 3)

Perkampungan Budaya Betawi – Setu Babakan’ terdiri dari 4 ragam, yakni;

1.  Wisata Alam dan Wisata Air

Kawasan hijau dan danau

2.  Wisata Budaya

Pentas atraksi budaya dan tradisi, kursus belajar tari Betawi dan

Silat Beksi, Hajatan Betawi, Arsitektural kampung Betawi, dsb

3.  Wisata Kuliner Tradisional

Aneka jajanan kampung dan masakan Betawi

4.  Wisata Fisotek Unggul

Bibit tanaman, buah, serta ikan – unggas piaraan dan konsumsi.



Anda bisa datang berwisata berdasarkan selera kunjung :

  • Sabtu & Minggu (pentas budaya & kuliner lengkap)
  • Hari libur keramaian khusus (terutama hari HUT RI, HUT Jakarta & Hari Libur Islam)
  • Hari Senin s/d Jumat  (lebih sepi dan nyaman bagi pengunjung wisata alam danau)


SITEPLAN

siteplan situ babakan





  • wisata kampung budaya

Wisata kampoeng budaya yang disajikan antara lain arsitektur rumah khas Betawi yang dibagi menjadi 3 macam, pertama rumah Betawi gudang atau kandang, kedua rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan yang ketiga adalah rumah Joglo, bangunan masjid dan rumah-rumah kampung, bahkan warung kios makanan juga tak luput dari karakter arsitektural betawi berhiaskan langkan dan lisplang gigi balang.
  • Ruang terbuka hijau
Taman disekitar danau ditanami dengan beragam pohon buah-buahan yaitu Mangga, Palem, Melinjo, Rambutan, Jambu, Pandan, Kecapi, Jamblang, Krendang, Guni, Nangka Cimpedak, Nam-nam, Jengkol, dsb
  • Kuliner betawi
Banyak kuliner khas Betawi terdapat disini areal wisata Setu Babakan, antara lain Kerak Telor, Toge Goreng, Arum Manis, Rujak Bebek, Soto Betawi, Es Potong, Es Duren, Bir Pletok, Nasi Uduk, Nasi Ulam, dll. dijajakan disana.
  • Taman bermain
Tempat untuk rekreasi air seperti bermain perahu air – bebek kayuh, Perahu naga dengan penumpang beregu, menyaksikan penduduk menjala ikan di pagi hari, dan areal pemancingan baik yang menghadap danau atau empang-empang sewaan disekitar danau. Lahan luas hijau adalah area bagi yang menyukai aktifitas olah raga pagi, jalan kaki, lari, bersepeda, atau senam gerak badan. Jalur trek yang mengitari danau luas adalah rute nyaman sepanjang mata memandang.

sumber gambar : http://kesetubabakannyok.wordpress.com/kabar/


Pentas kesenian seperti; Lenong, Ondel-ondel, Tari Topeng, Tanjidor, Marawis, Gambang Kromong, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Ngarojeng, dsb. adalah ragam pentas budaya yang dapat dinikmati di panggung utama dan telah dijadwalkan setiap bulannya. Penyelenggaraan Upacara Adat yang ada di perkampungan Betawi Setu Babakan seperti Penganten Sunat, Slametan Pindah Rumah, Khatam Qur’an, Nujuh Bulan, dapat dilakukan di sini, bahkan jika pengunjung ada yang berkenan mengadakan upacara seperti tersebut diatas, dapat menyelenggarakannya di tempat ini dengan perjanjian terlebih dahulu.


sumber tulisan  : http://kesetubabakannyok.wordpress.com/kabar/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar